03
Apr
10

Bagaimana Mendeteksi Plagiarisme pada Sebuah Tulisan?

Plagiarisme adalah suatu tindakan meniru ide, tulisan, atau kata-kata orang lain dan mengklaimnya sebagai ide, tulisan, atau kata-kata kita sendiri. Satu hal yang pasti, plagiarisme tidak akan pernah dihargai. Lantas, bagaimana cara mendeteksi adanya plagiarisme pada isi website, tugas, essay, atau mungkin tugas akhir? Check it out! Langsung saja kita me-review website apa sajakah yang bisa kita gunakan untuk mengecek keunikan suatu tulisan? O ya, sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwa unik adalah tidak ada duanya, bukan selalu berarti yang luar biasa. Berikut adalah website yang bisa kita gunakan:

1. Copyscape (http://www.copyscape.com)

Inilah rajanya duplicate content checker. Karena keakuratannya, Copyscape sering dijadikan patokan untuk menilai apakah suatu tulisan unik atau tidak. Sayangnya, pada versi gratisnya, CS hanya memperbolehkan kita mengecek URL yang telah ada jadi kita tidak akan bisa mengecek keunikan tulisan yang belum dipublish ke internet. Berikut screenshotnya:

Nah, bagi yang ingin mengecek tulisan yang belum dipublish menggunakan CS, Anda bisa berlangganan CS Premium dengan tarif $0,05 per pencarian dan minimal pembayaran $10. Dengan CS Premium kita bisa mendapatkan hasil pencarian yang akurat dan tidak dibatasi, berikut screenshot halaman CS Premium:
Anda bisa menentukan indeks yang akan digunakan oleh Copyscape, Google atau Yahoo, di “User Settings”. Saya sendiri lebih menyukai Google Index.

Kita akan praktek dengan salah satu post saya. Ini dengan Copyscape biasa.

Dengan CS Premium, tetap “No results found”.๐Ÿ™‚

2. The Plagiarism Checker (http://www.dustball.com/cs/plagiarism.checker/)

Nah, kelebihan website ini adalah ia mampu mengecek tulisan yang belum dipublish. Saya sering menggunakan ini jika sekadar iseng mengecek isi website orang. Hasilnya bagus dan cukup akurat karena menggunakan Google API yang terkenal ampuh untuk mengakses “kerajaan” Google. Mari kita tes menggunakan post yang sama dengan di atas.

Hmm.. “No plagiarism suspected”๐Ÿ™‚ Selain menyediakan versi gratis, ada juga versi berbayarnya $11 per bulan dengan kecepatan pencarian 3 kali lipat.

3. Plagium (http://www.plagium.com/)

Berbeda dengan TPC, Plagium menggunakan Yahoo!Search API untuk mengecek keunikan tulisan yang diinput. Keunggulan Plagium adalah kemampuannya untuk mengecek teks maupun URL, mirip dengan Copyscape Premium. Satu hal yang disayangkan adalah kecepatan pengecekan yang kurang baik. Mari kita lihat Plagium in action.

Oke, inilah 3 website yang bisa Anda gunakan untuk mengecek tingkat plagiarisme pada sebuah tulisan. Sedikit rekomendasi dari saya, pakailah The Plagiarism Checker karena cepat, tanpa perlu publish tulisan, dan GRATIS.๐Ÿ™‚ Silakan sampaikan komentar Anda di bawah ini.

Image source: blogjer.com


1 Response to “Bagaimana Mendeteksi Plagiarisme pada Sebuah Tulisan?”


  1. March 21, 2011 at 6:56 am

    Makasih ya infonya, pas banget dengan yang saya cari๐Ÿ˜‰


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Quotes of The Week

20 April 2010 - 26 April 2010

Imam Ahmad bin Hambal ditanya, "Kapan seorang hamba bisa istirahat?" Beliau menjawab, "Ketika kakinya menginjak syurga."

- Imam Ahmad bin Hambal

Blog Stats

  • 4,164 hits

Featured Image


Mount Fuji in Japan | kiraku.tv
Indahnya Gunung Fuji melatarbelakangi bunga sakura yang sedang bersemi. (Mar 23, 10)

Archives


%d bloggers like this: